Makanan Yang Bagus Untuk Ibu-Ibu Hamil

Berbicara tentang nutrisi, meskipun semuanya penting saat ini, makanan terbaik untuk kehamilan kaya akan vitamin dan mineral yang memainkan peran penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda, termasuk: Secara umum, ada banyak sekali manfaat dari makan sehat. Hanya untuk beberapa nama, diet bergizi menghasilkan energi yang lebih berkelanjutan bagi wanita, sistem kekebalan yang lebih kuat, dan penurunan risiko penyakit. Wanita hamil harus sangat berhati-hati tentang apa yang mereka makan karena mereka tidak hanya makan untuk kesehatan mereka sendiri, tetapi mereka juga makan untuk kesehatan bayi mereka! Ketika seorang wanita makan dengan baik selama kehamilannya, dia mengurangi kemungkinan komplikasi seperti anemia, berat badan lahir rendah, dan cacat lahir. Makan dengan baik juga dapat membantu mengatasi gejala kehamilan yang tidak menyenangkan! Di bawah ini ada beberapa manfaat lain dari diet kehamilan yang sehat.


Masukkan superstar nutrisi ini. Ketika kita berbicara tentang makanan terbaik untuk dimakan saat hamil, cobalah untuk memilih makanan yang benar-benar mengandung banyak sekali nutrisi hanya dalam beberapa gigitan dan tidak banyak kalori yang kosong. Ini akan membantu anda dan bayi anda untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang Anda berdua butuhkan. (Meskipun kue kering atau es krim sesekali baik-baik saja, jadi jangan merasa buruk untuk memanjakan diri Anda dari waktu ke waktu!)


Sebagai panduan umum, ibu hamil perlu makan makanan yang sehat, tinggi nutrisi dan rendah gula, garam dan lemak jenuh. Makan dengan baik selama kehamilan bukan hanya tentang makan lebih banyak. Apa yang Anda makan sama pentingnya. Sementara kita membahas makanan terbaik untuk dimakan saat hamil, ingatlah bahwa ada beberapa item yang harus dihilangkan dari menu. Makanan tertentu lebih mungkin mengandung bakteri atau bahan kimia yang bisa membuat Anda sakit, jadi Anda harus menghindarinya sampai setelah melahirkan.


Diet Anda selama kehamilan membantu mendukung kesejahteraan Anda sendiri dan memasok nutrisi yang dibutuhkan bayi Anda untuk berkembang dan tumbuh. Ini membuat daging tanpa lemak menjadi salah satu makanan terbaik untuk dimakan selama kehamilan. Selain kaya akan protein, juga tinggi zat besi, penting untuk membantu bayi Anda mengembangkan suplai sel darah merahnya dan mendukung Anda juga. (Volume darah meningkat saat Anda hamil, itulah sebabnya mengapa anemia selama kehamilan sangat umum terjadi.) Zat besi juga berperan dalam perkembangan otak bayi.


Di bawah ini adalah tip umum untuk nutrisi yang sehat selama kehamilan: Kebanyakan wanita dapat memenuhi kebutuhan mereka yang meningkat dengan diet sehat yang mencakup banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), Anda harus mencoba mengonsumsi berbagai makanan dari kelompok makanan dasar ini. Jika iya, kemungkinan besar mungkin Anda akan mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk kehamilan yang sehat.


Daging sapi yang tanpa lemak, babi, dan ayam adalah sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik. Daging sapi dan babi juga memiliki kaya akan zat besi, kolin, dan vitamin B lainnya โ€“ yang semuanya akan Anda butuhkan dalam jumlah yang lebih besar selama kehamilan. Sudah diketahui bahwa diet ibu selama kehamilan sangat penting untuk kesehatan bayinya. Ibu hamil perlu mengonsumsi lebih banyak vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Namun, ada beberapa makanan yang harus dihindari ibu hamil.


Makanan yang bermanfaat untuk ibu hamil.


8. Sayuran berdaun Sayuran berdaun kaya akan nutrisi dan kita semua tahu bahwa mereka dapat membantu melindungi tubuh dari banyak penyakit. Menjadi suatu sumber yang kaya antioksidan, kalsium, protein, serat, folat, vitamin dan kalium, sayuran hijau merupakan tambahan yang bagus untuk diet kehamilan Anda. Wanita hamil harus memasukkan sumber protein yang baik di setiap makan untuk mendukung pertumbuhan bayi, kata Krieger. Makanan kaya protein termasuk daging, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan, tahu, keju, susu, kacang-kacangan dan biji-bijian. Daging tanpa lemak adalah daging dengan kandungan lemak yang lebih rendah dan oleh karena itu jumlah kalori yang lebih rendah.


Sebagai panduan umum, ibu hamil perlu makan makanan yang sehat, tinggi nutrisi dan rendah gula, garam dan lemak jenuh. untuk Buah kering mungkin ini sangat bermanfaat bagi wanita hamil karena kecil dan padat nutrisi. Pastikan untuk membatasi ukuran porsi Anda dan menghindari varietas manis untuk mencegah konsumsi gula terlalu banyak.


Makanan lain yang menjadi perhatian ibu hamil adalah ikan. Meskipun ikan adalah pilihan protein yang rendah lemak dan menyehatkan, ada ikan tertentu yang memiliki kadar metil merkuri atau Polychlorinated Biphenyls (PCB) yang tinggi, polutan di lingkungan. Makanan ini merupakan sumber energi yang penting, dan juga menyediakan serat, zat besi dan vitamin B. Setidaknya setengah dari karbohidrat wanita hamil setiap hari harus berasal dari biji-bijian, seperti oatmeal, pasta gandum atau roti dan beras merah, kata Krieger.

Baca Juga : APBN Jebol Rakyat Menderita


Hijau berdaun selalu merupakan pilihan yang baik, dan ini adalah makanan super kehamilan yang sangat manjur. Kale menyajikan folat, zat besi, vitamin C, kalsium, vitamin A, vitamin E, vitamin K, dan serat โ€” semuanya dalam paket lezat yang dapat dinikmati dengan jutaan cara berbeda. Selama kehamilan, tujuannya adalah untuk makan makanan bergizi hampir sepanjang waktu, kata Krieger kepada Live Science. Untuk memaksimalkan nutrisi prenatal, ia menyarankan untuk memakan lima kelompok makanan berikut ini seperti: buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, dan produk susu.
Berbicara tentang nutrisi, sementara semuanya penting saat ini, makanan terbaik untuk kehamilan adalah yang kaya akan vitamin dan mineral yang memainkan peran penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda, termasuk: Daging sapi tanpa lemak, babi, dan ayam adalah sumber yang sangat baik dari nutrisi tinggi. protein berkualitas. Daging sapi dan babi juga memiliki kaya akan zat besi, kolin, dan vitamin B semuanya akan Anda butuhkan dalam jumlah yang lebih banyak selama kehamilan.


Diet kehamilan yang sehat harus mencakup banyak buah dan sayuran, terutama selama trimester kedua dan ketiga wanita, kata Krieger. Dia merekomendasikan makan dari lima hingga 10 porsi produk seukuran bola tenis setiap hari. Makanan berwarna-warni ini rendah kalori dan kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

Makanan yang bisa dihindari saat hamil.

Berikut daftar makanan yang harus dihindari pada awal dan akhir kehamilan: Berikut adalah beberapa makanan yang harus Anda hindari untuk dimakan selama kehamilan: Nanas Rasa manis dan tajam dari buah ini tentu memanjakan lidah. Namun, selama kehamilan memanjakan buah ini bisa berbahaya dan bisa menyebabkan keguguran. Mengkonsumsi nanas mentah atau jusnya dapat menyebabkan keguguran, hal ini karena adanya bromelain, yang menyebabkan kontraksi di rahim dan melunakkan serviks yang menyebabkan kerusakan pada janin.

Bolehkah ibu hamil makan hot dog? Bagaimana dengan keju kambing, tiram, atau sushi? Aturan tentang makanan yang harus dihindari saat hamil mungkin tampak membingungkan, tetapi hanya ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar Anda dan bayi Anda tetap aman. Jangan makan daging mentah atau setengah matang, unggas, kerang, ikan, atau telur. Hindari makanan yang tidak dipasteurisasi seperti keju susu mentah dan jus segar. Cuci atau kupas buah dan sayuran, dan panaskan kembali daging dan ikan yang didinginkan (seperti potongan daging dingin, asap, dan hot dog) dan sisa makanan sampai mengepul panas. Hindari salad deli dingin, ikan merkuri tinggi, alkohol, dan kafein berlebihan.

Makanan yang tertentu hanya boleh dikonsumsi ibu hamil jarang, sementara yang lain harus dihindari ibu hamil sama sekali. Berikut ini ada 11 makanan dan minuman yang harus dihindari atau diminimalisir saat ibu hamil. Saat Anda hamil, penting juga untuk menghindari penyakit bawaan makanan, seperti listeriosis dan toksoplasmosis, yang dapat mengancam nyawa bayi yang belum lahir dan dapat menyebabkan cacat lahir atau keguguran. Makanan yang harus dihindari antara lain:

Untuk membantu mencegah penyakit dan komplikasi lain selama kehamilan, hindari: Ada beberapa makanan yang tidak boleh Anda makan saat hamil karena dapat membuat Anda sakit atau membahayakan bayi Anda. Pastikan Anda mengetahui fakta-fakta penting tentang makanan yang harus Anda hindari atau berhati-hatilah saat Anda hamil. Makanan terbaik untuk dimakan adalah makanan yang baru dimasak atau makanan yang baru siap dihidangkan.

Jika Anda pernah makan makanan ini selama kehamilan Anda, cobalah untuk tidak terlalu mengkhawatirkannya sekarang; hindari saja selama sisa kehamilan. Jika ibu hamil benar-benar khawatir, silakan langsung dibicarakan dengan dokter Anda. Salah satu hal pertama yang wajib dipelajari orang saat ibu hamil adalah apa yang tidak boleh mereka makan. Ini bisa sangat mengecewakan jika ibu hamil penggemar berat sushi, kopi, atau steak langka.

Hindari makanan olahan/kemasan/tinggi gula: makanan olahan menawarkan nutrisi yang sangat sedikit dan seringkali mengandung bahan kimia yang dapat berbahaya bagi Anda dan bayi Anda. Jangan buang-buang tempat dengan makanan bernutrisi rendah โ€“ padatkan mereka dengan makanan utuh yang bergizi dan memuaskan dan Anda tidak akan merasa kekurangan. Sementara kita membahas makanan terbaik untuk dimakan saat hamil, ingatlah bahwa ada beberapa item yang harus dihilangkan dari menu. Makanan tertentu lebih mungkin mengandung bakteri atau bahan kimia yang bisa membuat Anda sakit, jadi Anda harus menghindarinya sampai setelah melahirkan.